Pages

Wednesday, February 8, 2012

Home » » Prosesi Pembakaran 8 Naga Disaksikan Ribuan Warga

Prosesi Pembakaran 8 Naga Disaksikan Ribuan Warga


Prosesi pembakaran naga merupakan akhir rangkaian dalam rangka imlek dan cap go meh 2563 tahun 2012 yang menjadi momen ditunggu-tunggu warga keturunan tionghoa yang berlangsung pada hari ke-16 bulan pertama tahun imlek.

Prosesi pembakaran naga ini juga berlangsung di pemakaman bhakti suci jalan adisucipto, Kabupaten Kubu Raya yang menjadi pusat perhatian warga terutama kalangan warga tionghoa.

Ribuan warga ini berbondong-bondong ingin menyaksikan rangkaian akhir imlek dan cap go meh sehingga mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan itu macet beberapa saat lamanya.

Rangkaian ritual pembakaran naga ini sebelumnya dilakukan ritual sembahyang dengan membakar dupa. Kemudian proses selanjutnya barulah naga yang berjumlah 8 ekor itu dibakar.


8 ekor naga yang dibakar ini merupakan naga yang menjalani ritual buka mata beberapa waktu lalu dan melakukan atraksi di kawasan Kota Pontianak dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Menurut keyakinan, apabila naga datang kerumah mereka maka akan mendapatkan kemurahan rezeki dan keselamatan, selain itu jenggot naga diyakini akan memberikan nasib baik pada tahun imlek ini.

Ritual pembakaran naga yang wajib dilakukan ini merupakan bentuk harapan warga keturunan tionghoa agar mereka memperoleh keselamatan, kesehatan, dijauhkan dari bencana dan dipermurahkan rezeki.

Kegiatan ritual pembakaran naga ini sekaligus menjadi momen yang ditunggu-tunggu kalangan fotografer yang ada di daerah itu karena kegiatan ini hanya dapat disaksikan dan diabadikan sekali dalam setahun.

Ritual proses pembakaran naga yang berlangsung singkat ini berlangsung sukses dan aman.

Berita terkait:
Cap Go Meh 2563 Di Pontianak Berlangsung Meriah
Pawai Budaya Di Kota Pontianak Disaksikan Ribuan Warga
750 Tatung Meriahkan Cap Go Meh 2563 di Singkawang
Naga Air Meriahkan Imlek di Pasir Panjang Singkawang

0 comments: