Pages

Thursday, July 4, 2013

Home » » Televisi Indonesia Mendapat Pengaduan Terbanyak

Televisi Indonesia Mendapat Pengaduan Terbanyak


Media massa terutama media televisi memiliki peranan penting dalam memberikan beragam informasi serta beragam hiburan yang mendidik kepada masyarakat hal ini merupakan salah satu membantu pemerintah dalam mendorong peningkatan wawasan dan kecerdasan masyarakat.

Namun sangat disayangkan lembaga penyiaran atau perusahaan televisi di tanah air masih menyampingkan konten mendidik dan lebih kepada kepentingan perusahaan dalam hal mencari keuntungan.

KPI mencatat terjadi banyak sekali pengaduan dari masyarakat terkait program atau siaran dari lembaga penyiaran selama tahun 2012 yang berjumlah 30 ribu lebih aduan.

Dari pengaduan publik itu yang paling banyak disorot masyarakat yakni segmen jurnalis atau kaidah jurnalis yang dianggap pencemaran atau tidak berimbang dalam program berita.

Sedangkan katagori lainnya yakni tergolong pelecehan atau penghinaan termasuk pembawa acara saat siaran sehingga dianggap tidak profesional.

KPI mencatat aduan yang paling banyak yakni pada program acara berita dengan jumlah 32.292 aduan, sedangkan program acara Talkshow berada pada urutan ke-dua dengan jumlah 3.521 aduan. Sedangkan program acara Reality show cukup tinggi mendapatkan pengaduan publik dengan jumlah 2.543 aduan. Sementara itu, tayangan iklan mendapatkan aduan sebanyak 1.125 aduan.

Khusus untuk tayangan iklan yang disiarkan, ternyata banyak dianggap kurang mendidik dan malah ada yang terkesan tidak sopan. Selain itu tayangan iklan tersebut juga cenderung bernuansa kekerasan sehingga dianggap sangat berpengaruh pada perilaku masyarakat.

Metro tv merupakan lembaga penyiaran yang mendapatkan pengaduan terbanyak dengan jumlah 30.068 aduan, Sedangkan pada urutun ke-dua yakni tv one dengan jumlah 5.702 aduan. Sementara itu LPP TVRI berada pada urutan terkecil yang mendapatkan aduan publik dengan jumlah 22 aduan.

Pada tahun 2012, KPI memberikan sanksi administratif kepada lembaga penyiaran yakni paling banyak kepada Metro Tv dengan jumlah sanksi 19, TV one mendapatkan sanksi 15, sementara itu Trans7 mendapatkan sanksi sebanyak 14. Sebagai lembaga Penyiaran Publik, ternyata TVRI juga mendapatkan 3 sanksi dari KPI. (sumber:KPI)

Info lain:









0 comments: