Pages

Tuesday, August 6, 2013

Home » » Dampak Siaran Televisi Bagi Masyarakat

Dampak Siaran Televisi Bagi Masyarakat



Televisi merupakan perlengkapan rumah tangga yang paling banyak menempati ruang imajinasi kolektif masyarakat. Disadari atau tidak, siaran televisi dengan efektif tidak saja mengubah opini publik tentang suatu hal, tetapi juga mengubah gaya hidup perorang atau masyarakat.

Pengaruh siaran televisi memang tidak bersifat linier dalam pengertian bahwa tidak seketika akan berdampak secara spontan atau cepat, namun apa yang menjadi tontonan akan berdampak pada pengaruh alam bawah sadar dan suatu saat bisa saja muncul  dan berpengaruh pada pola tingkah laku sehingga bertentangan dengan nilai-nilai norma sosial. Dalam hal ini, siaran televisi  sering kali menampilkan adegan-adegan manipulatife yang menguasai hidup dan finansial banyak orang.

Berdasarkan pada asumsi diatas tidaklah mengherankan jika banyak pihak sangat prihatin terhadap dampak negatife siaran televisi bagi kalangan masyarakat khususnya yang masih kurang menyadari dampak siaran televisi yang disajikan.

Saat sekarang ini siaran televisi memang tidak sekedar mengisi ruang imajinasi, tetapi sering kali efektif mempengaruhi kesadaran manusia atau masyarakat. Betapa tidak, saat ini beragam program acara televisi  dari siaran hiburan hingga siaran berita yang dikemas dengan sangat memikat sering kali membius pola perilaku masyarakat.

Beragam realitas semu yang dihadirkan dalam siaran televisi mengakibatkan orang sering kali lupa realitas dan imajinasi adalah hal yang berbeda. Dikaitkan dengan kondisi perkembangan saat sekarang ini, siaran televisi dimanfaatkan banyak pihak sebagai sarana intervensi secara tidak langsung untuk membangun kebenaran-kebenaran tersendiri. Intervensi paling nyata yang dihadirkan siaran televisi pada diri setiap orang merupakan wujud lain dari imperialism budaya yang diarahkan pada penguasaan alam pikiran dan pengendalian beragam harapan serta impian.

Info lain:

Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan Terus Terjadi

Ide Itu Mahal, Waspada Pencurian Ide

Redenominasi Rupiah Diperdebatkan

Renungan Untuk Generasi Bangsa

 

 

 






0 comments: