Pages

Thursday, July 11, 2013

Home » » Mari Diving Ke Pulau Karimata

Mari Diving Ke Pulau Karimata

Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara memiliki keindahan bawah air yang cukup mengagumkan karena di pulau yang memiliki banyak lokasi penyelaman ini terdapat keindahan terumbu karang dan beragam jenis ikan dari berbagai spesies.

Tidaklah salahnya apabila para penyelam yang telah mengunjungi pulau yang indah ini mengungkapkan pulau Karimata sebagai Raja Ampat Kalbar karena keindahan yang mengagumkan sehingga pulau ini patut sebagai pulau paling indah di provinsi Kalbar.

Pulau Karimata memiliki luas sekitar 77.0000-ha dan secara geografis sangat mengesankan pemandangannya karena berderet pulau-pulau kecil disekitar pulau Karimata. Pada pagi dan sore hari pemandangan di pulau ini indah.

Patutlah diakui untuk menuju pulau karimata ini sangat jauh, apabila dari kota Pontianak perjalanan menuju Pulau Karimata dapat ditempuh dengan transportasi air selama kurang lebih 14 jam lamanya, namun apabila perjalanan dari pelabuhan teluk batang, kabupaten Kayong Utara perjalanan itu dapat ditempuh hanya beberapa jam saja.

Apabila sudah mencapai Pulau Karimata dan menikmati keindahan wisata bawah air di kawasan pulau itu maka kita akan terpesona dengan beragam keindahan terumbu karang dan jenis ikan sehingga kelelahan saat melakukan perjalanan jauh akan tergantikan dengan pesona alam yang mengagumkan yang susah diungkapkan.

Selain para penyelam lokal khususnya yang berada di kalbar, ternyata para penyelam luar negeri seperti Jepang, Australia dan para penyelam dari negara Amerika Serikat juga tertarik menikmati keindahan pesona wisata bawah laut pulau Karimata.

Dari hasil pemetaan sementara oleh Inhasa Diving Club atau IDC tercatat terumbu karang di kawasan pulau karimata ditemukan ratusan jenis terumbu karang dan ratusan jenis ikan dengan beragam spesies di kawasan pulau itu, tentu saja kondisi ini menjadikan pulau karimata menjadi lokasi yang strategis untuk para pencinta wisata bawah air yakni penyelam.

Keindahan pulau karimata yang sangat menarik menjadi lokasi diving atau penyelaman harus didukung oleh pemerintah agar kelestarian kawasan itu tetap terjaga dan mencegah terjadinya aktivitas pengeboman dan peracunan ikan yang akan berakibat pada hancurnya terumbu karang di kawasan pulau yang terkenal dengan Raja Ampat Kalbar itu.

Selain itu pemerintah juga diharapkan gencar untuk melakukan promosi agar wisata di kawasan pulau Karimata semakin terkenal bagi kalangan masyarakat luas khususnya para wisatawan luar negeri yang gemar diving.

Persoalan lain yang harus dilakukan pemerintah sebagai penunjang objek wisata bawah air di pulau karimata yakni menyediakan transportasi khusus menuju ke pulau karimata karena saat ini transportasi itu sangat minim dan hanya mengandalkan kapal nelayan saja yang kebetulan melakukan aktivitas penangkapan ikan di kawasan pulau itu.

Info lain :

Pulau Karimata, Raja Ampat Kalbar
Pulau Karimata Terancam Pengeboman Ikan
Club Inhasa Berupaya Promosikan Wisata Bawah Air Kalbar
Kalbar Kaya Potensi Wisata Bawah Air
Olahraga Selam Di Kalbar Mulai Diminati
Inhasa Mengibarkan Bendera Merah Putih Bawah Air Hari Kemerdekaan RI Di Pulau Lemukutan Kalbar





.



0 comments: